BeritaKriminal

BBM Ilegal Diduga Dikawal Oknum TNI Kodim Jambi Bermarga Hutabarat, Diduga Kuat Oknum APH Terima Upeti 

408
×

BBM Ilegal Diduga Dikawal Oknum TNI Kodim Jambi Bermarga Hutabarat, Diduga Kuat Oknum APH Terima Upeti 

Sebarkan artikel ini
Oplus_131072

Pelalawan tekab86.com,- Sebuah Kendaran Truk Coldisel bermuatan puluhan jiregen diduga BBM Ilegal Melintas dari Arah Jambi yang melintas di jalan lintas timur kabupaten pelalawan, usut punya usut mobil berwarna Kuning dengan Plat Nomor Polisi BM 9820 KB diduga milik Oknum TNI yang pengakuannya berdinas di kodim Jambi diduga mengangkut BBM Ilegal, diduga sekaligus membengkingin BBM Ilegal milik terduga oknum purn TNI PS.Siregar.Rabu,15/05/2024.

Kenyataan di lokasi ternyata Kendaraan Mobil Truck tersebut di kawal langsung seorang oknum TNI aktif yang mengaku bertugas di kodim 0415/Jambi yang mengaku bermarga Hutabarat dan nama lengkapnya tidak mau diberitahu kepada wartawan, menurut keterangan oknum TNI bahwa mengawal BBM Ilegal hanya sekedar cari upah/jasa,ucap Hutabarat yang mengaku oknum TNI bertugas di kodim 0415/Jambi.

Oknum TNI yang mengaku bertugas di kodim 0415/Jambi enggan menyebutkan namanya mengatakan bahwa Unit armada tersebut milik dia yang disewakan kepada orang dan dirinya yang kawal.

“Mobil nya punya saya, mobil saya ini di sewa untuk angkut minyak ini oleh bos berinisial PS Siregar”ucap Hutabarat.

UU No. 34 Tahun 2004 Tentang TNI, Di jelaskan bahwa Anggota TNI Tidak boleh berbisnis atau pun politik, hal ini tertuang jelas pada Pasal 39 ayat 3.

Maka secara aturan hukum bahwa anggota TNI tidak boleh beraktivitas berbisnis Apalagi melakukan pengawalan terhadap dugaan BBM Ilegal.

Menurut Ketua Umum LSM MITRA Alaiaro Nduru saat dimintai tanggapan nya terkait dugaan BBM Ilegal di kawal oleh oknum TNI bermarga Hutabarat mengaku bertugas di kodim Jambi mengatakan “bukan hanya UU No.34 tahun 2004 pasal 39 ayat 3 Tentang TNI, tapi itu juga pasal 38 ayat 1, serta perbuatan tersebut merupakan perbuatan melawan hukum dan melindungi kejahatan” sehingga mengakibatkan adanya kerugian negara, karena BBM Ilegal tidak pernah punya izin dan jelas pajak juga tidak dibayarkan ke negara, itu bisa dikategorikan oknum TNI tersebut sudah merusak pertahanan negara, tegasnya Nduru melalui telepon selulernya, Sabtu,18/05/2024.

Lanjut,Ketua umum LSM MITRA Alaiaro Nduru mengatakan “apabila benar adanya dan benar bertugas di kodim Jambi Hutabarat yang mengaku oknum TNI bertugas di kodim Jambi maka saya akan segera mengirimkan Dumas kepada Kasdim 0415/Jambi agar segera di amankan dan ditindak oknum anggota TNI bermarga Hutabarat yang sudah bersama-sama dengan Oknum berinisial PS Siregar melakukan tindak kejahatan merugikan negara dengan bisnis pertambangan minyak ilegal dan mengedarkan nya tanpa dokumen perizinan dari dinas terkait, jelasnya.

Ketua Umum LSM MITRA juga meminta pihak polri khususnya polres Pelalawan agar jangan tutup mata dan telinga terkait hal-hal ilegal yang berakibat merugikan negara dan masyarakat,hal seperti ini harus segera di tindak oleh kepolisian agar jangan timbul isu dugaan oknum pihak kepolisian sudah menerima upeti sehingga pura-pura tidak tahu, ungkapnya Nduru.

Tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *