BeritaProvinsi Maluku

KPU Bursel Ambilan Sumpah/Janji Anggota PPK Se-Kabupaten

26
×

KPU Bursel Ambilan Sumpah/Janji Anggota PPK Se-Kabupaten

Sebarkan artikel ini

Namrole (Maluku) tekab86.com, – Komisi Pemilihan Umum melantik dan pengambilan sumpah/janji anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Buru Selatan untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024.

Pelantikan berlangsung di Gedung Serba Guna Namrole dihadiri, Ketua KPU Husni Hehanusa dan Komisioner KPU lainnya, Asisten I Ridwan Nyio, anggota Komisioner KPU, TNI-Polri, Komisioner Bawaslu, anggota PPK yang akan dilantik serta undangan lainnya, Kamis, 16/5/2024.

Usai dilantik dan pengambilan sumpah dan janji dilanjutkan dengan pembacaan penandatanganan fakta integritas oleh perwakilan disaksikan ketua KPU dan dua tokoh agama.

Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji oleh Ketua KPU Bursel kepada PPK dari 6 Kecamatan di Kabupaten Buru Selatan.

Ketua KPU dalam sambutannya menyampaikan, didalam undang-undang pemilihan bupati dan wakil bupati menjelaskan, untuk melaksanakan pemilihan ada dua tahapan yang harus diselesaikan.

Jelasnya pertama, tahapan persiapan penyelenggaraan dan, kedua, tahapan penyelenggaraan.

“Tahapan persiapan penyelenggaraan salah satunya hari ini yang kita laksanakan,” jelas Hehanusa.

Lanjut Hehanusa, yaitu tahapan persiapan pembentukan badan edhoc.

“Kedua tahapan penyelenggaraan pemilihan yang nantinya masuk pada tahapan pencalonan, tahapan kampanye dan lainnya,” jelasnya.

Dikatakan, PPK yang baru saja dilantik ini tidak terlepas pisahkan dengan kerja-kerja yang ada tingkat kecamatan, pihak pemerintah dan pihak keamanan TNI dan polri.

“Dua institusi ini tidak lepas pisahkan dalam tahapan pemilihan agar pemilihan berjalan sesuai ketentuan,” jelasnya.

Disampaikan kepada seluruh anggota PPK yang baru saja dilantik dan pengambilan sumpah bukan saja disaksikan dan didengar oleh yang hadiri tetapi juga oleh Tuhan Yang Maha Esa.

“Ikrar yang diucapkan itu, adalah janji kepada lembaga ini dan negara ini, yang akan kalian lakukan tidak semena-mena diluar aturan,” tandasnya.

Dan 12 poin fakta integritas jika dicerna, jelasnya, jika penyelenggara yang baik akan merinding mendengarnya.

Apa itu integritas, jelasnya, apa yang janji dan dibicarakan akan sesuai dengan yang akan dilaksanakan.

“Integritas itu hanya dimiliki oleh orang yang memiliki jiwa yang berkualitas. Integritas tidak bisa pada orang yang tidak berkualitas, itu menurut saya,” jelas Hehanusa

Abdul Kadir Papalia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *