BeritaTipikor

Perolehan Dana Desa Kampung Dalam Tahun 2023, Rp 1.225 Milyar Diduga Lahan Basah Korupsi.

367
×

Perolehan Dana Desa Kampung Dalam Tahun 2023, Rp 1.225 Milyar Diduga Lahan Basah Korupsi.

Sebarkan artikel ini

Keterangan : Gambar fhoto kegiatan sub pekerjaan umum dan penataan ruang desa kampung dalam, jalan rabat beton dan Pamsimas sumur bor mini

Labuhanbatu tekab86.com,- Dari tiga belas dusun didesa kampung dalam kecamatan bilah hulu kabupaten labuhanbatu dengan perolehan bantuan dana desa dari sumber kementerian keuangan sedotan anggaran pendapatan belanja negara, (APBN) sebesar Rp 1.225.817.000 ,-.

Hingga perolehan alokasi dana desa tahun 2023, dengan peruntukan tunjangan perangkat desa dan lainnya Rp 1.155.793.000,-.

Menurut sumber dari beberapa kepala dusun didesa kampung dalam yang ditemui oleh tim wartawan bersama DPD Tipikor Indonesia tindak pidana korupsi Indonesia Kabupaten Labuhanbatu provinsi sumatera utara, yaitu kegiatan, 1 paket pekerjaan rabat jalan beton sepanjang lebih kurang 150 meter didusun A dan ke 2, adalah kegiatan pekerjaan pembangunan Pamsimas sumur bor mini didusun Mualmas desa kampung dalam.

“”Dari 13 dusun setiap tahunnya perdusunnya bergantian mendapatkan bangunan fisik dengan sumber dana desa. Tahun 2023 dusun Mualmas mendapat jatah pembangunan Pamsimas sumur bor diperkirakan anggaran sebesar Rp 50 juta, yang baru selesai dibangun pada bulan Mei 2024 kemaren “”, terang kepala dusun Mualmas desa kampung dalam mengaku bernama Suwardi. Dan, selebihnya ianya tidak mengetahui lagi didusun mana saja yang ada bangunan fisik yang bersumber dari dana desa tahun 2023 tersebut, Kamis (04/07/2024).

Disisi lainnya, kepala dusun Harapan bernama Amin, sewaktu dikonfirmasi wartawan dikediamannya, bahwa didusunnya tahun 2023 tidak mendapat jatah pembangunan fisik untuk dusunnya termasuk kegiatan lainnya yang bersumber dari dana desa. “Tahun 2023 lalu dusun kita tidak ada mendapat bantuan dari dana desa. Sebab, dana desa itu setiap tahunnya bergantian “”, ungkap kepdus Amin kepada wartawan.

Menurut mereka ( Kepala dusun) desa kampung dalam Kecamatan Bilah hulu, dana desa tahun 2023 hanya terdapat pekerjaan fisik rabat jalan beton didusun A desa Kampung dalam tersebut. Dan, kegiatan yang lainnya sumber dana desa itu mereka tidak mengetahuinya. “”Tanya kepala desa nya lah pak “”, bilang kepala dusun desa kampung dalam.

Ironisnya, kepala desa kampung dalam Masngut saat dikunjungi dikantor tidak berada ditempat. Dan, saat dihubungi kembali melalui kontak handphone selularnya, aktif dan berdering, namun kepala desa kampung dalam Masngut enggan menjawab konfirmasi tim wartawan, Kamis (04/07/2024). Sebab, diketahui dari perolehan dana desa tahun 2023 senilai Rp 2.225 milyar tersebut terdapat kegiatan sub bidang pekerjaan umum dan penataan ruang mencapai Rp 592.671.052,- yang diperuntukan kegiatan fisik tahun 2023. Dan, belum termasuk sub bidang bidang kegiatan item yang lainnya yang bersumber dari dana desa kampung dalam tahun 2023 sesuai laporan terdata.

Labuhanbatu, Kamis 04 Juli 2024
Berita : korwil Sumut Dariter Ritonga.
Keterangan : Gambar fhoto kegiatan sub pekerjaan umum dan penataan ruang desa kampung dalam, jalan rabat beton dan Pamsimas sumur bor mini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *