BencanaBeritaKab.PelalawanPemerintahPolri

Sat Polairud Polres Pelalawan Memantau Situasi dan Memberikan Bantuan Kepada Masyarakat Yang Terdampak Banjir

217
×

Sat Polairud Polres Pelalawan Memantau Situasi dan Memberikan Bantuan Kepada Masyarakat Yang Terdampak Banjir

Sebarkan artikel ini

Sat Polairud Polres Pelalawan Memantau Situasi dan Memberikan Bantuan Kepada Masyarakat Yang Terdampak Banjir

Pelalawan tekab86.com,- Polres Pelalawan Polda Riau meninjau situasi banjir dan memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir. Sejumlah personil gabungan Sat Polairud yang dipimpin langsung oleh Kasat Polairud Polres Pelalawan AKP Ade Santoso, SH, melakukan peninjauan langsung ke lokasi banjir, dimulai dari Jalan Komplek Perkantoran Bhakti Praja tepat di depan Kantor KPU Kabupaten Pelalawan menuju Desa Kuala Terusan, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan Riau. Pada Rabu (10/1/2024).

Direktorat Sat Polairud Polda Riau mengerahkan 2 unit Speedboat digunakan untuk memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat, dan untuk melakukan  penyelamatan dan memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir.

Banjir yang semakin naik melanda daerah Kabupaten Pelalawan sejak bulan Desember 2023 yang lalu. Seluruh akses jalan dipenuhi banjir. Di Jalan Lintas Timur Sumatera debit air sudah mencapai 90 sentimeter KM 83,Jalan Sultan syarif Hasyim Pangkalan Kerinci sudah ditutup sementara, sehingga jalan akses masyarakat di Desa Pangkalan Kerinci Barat yang dekat dengan kawasan Perkantoran Bhakti Praja  yang menuju kantor Bupati Pelalawan dan Kota Pangkalan Kerinci, disarankan melalui perempatan jalan, dari Tugu Bono menuju ke arah Jalan Abdul Jalil Pangkalan Kerinci. Karena kendaraan beroda dua dan beroda empat masih bisa melewatinya. Debit air di sekitar jalan tersebut 20-30 Sentimeter. Ketinggian debit air sewaktu-waktu dapat berubah dan kemungkinan akan naik setiap harinya jika intensitas hujan bertambah.

Disekitar jalan yang banjir tersebut, masyarakat yang lalu lintas  terus dibantu diarahkan oleh pihak Satpol PP, Polisi, dan Dishub Kabupaten Pelalawan.

Dari pantauan di lokasi banjir, sebagian  ada yang terkepung banjir dan bahkan rumah-rumah warga telah tergenang air. hal ini sangat serius menyebabkan dampak buruk bagi masyarakat, menghambat aktifitas dan perekonomian semakin sulit. Masalah kesehatan yang menjadi perhatian utama sebab  luapan banjir ini mencemarkan lingkungan dan bau busuk.  Pihak pemerintah dan swasta  ikut melakukan kegiatan penanggulangan banjir dan penyaluran bantuan untuk masyarakat terdampak banjir. Dan terus menerus menyediakan tempat pengungsian.

Kemudian, Sat Polairud Polres Pelalawan AKP Ade Santoso, SH,  yang tanggap atas bencana alam ini, segera meninjau rumah-rumah warga disekitar Desa Kuala Terusan, antisipasi bertambahnya debit air dan arus yang deras memungkinkan akan menimpa siapa saja jika tidak segera di amankan.

“Kami akan membagikan bantuan sosial nanti beserta Bapak Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto, SH, SIK, dan beserta Bhayangkari. Kami akan mendatangi rumah-rumah warga yang terdampak banjir, ada yang tidak bisa keluar ke darat. Dan saat ini kami mau melihat dulu situasinya, bagaimana setelah itu nanti kita arahkan pengiriman bantuan sosial,” ujar Ade Santoso

Masyarakat Desa Kuala Terusan dekat sekali di pinggir Sungai, rumah-rumah yang berada di dataran rendah. Dan jalur aksesnya sangat terpencil dari Kota Pangkalan Kerinci. Untuk menuju lokasi tersebut saat ini dengan menggunakan Speedboat.

“Pada kesempatan ini, kami juga menghimbau agar masyarakat terus mengikuti arahan dalam meningkatkan pemahaman dan dukungan untuk pemilihan yang damai. dengan cara kita bersatu mewujudkan Cooling System Pemilu Damai 2024.
Selain itu, kami juga menyiapkan fasilitas kesehatan yaitu bekerjasama dengan Dokes Polres Pelalawan,” jelas AKP Ade Santoso, SH, mengakhiri. ( Soni/TIM ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *