BeritaKabupaten Simalungun

Jaga Kamtibmas Tetap Kondusif Polsek Saribudolok Gelar Patroli Skala Besar Antisipasi Geng Motor dan Balap Liar Dini Hari

21
×

Jaga Kamtibmas Tetap Kondusif Polsek Saribudolok Gelar Patroli Skala Besar Antisipasi Geng Motor dan Balap Liar Dini Hari

Sebarkan artikel ini

Simalungun tekab86.com,- Pada hari Minggu, 9 Juni 2024, Polsek Saribudolok.polres Simalungun polda Sumut mengadakan kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KRYD) dalam rangka pengamanan kegiatan masyarakat di malam libur dengan patroli skala besar. Kegiatan ini dimulai pukul 11.00 WIB dan berlangsung hingga selesai, berlokasi di jalan Lintas Saribudolok -Tanah Karo dan beberapa lokasi yang dianggap rawan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukum polsek Saribudolok.

Tujuan utama dari KRYD ini adalah untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat serta mengantisipasi adanya geng motor yang sering meresahkan di wilayah hukum Polres Simalungun. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolsek AKP Nelson Manurung SH.

Apel persiapan dilaksanakan di halaman mapolsek Saribudolok jalan besar Saribudolok,kecamatan.Silimakuta Kabupaten Simalungun, pada pukul 11.00 WIB. Patroli difokuskan pada jalan lintas Saribudolok -Tanah Karo, yang berada dalam wilayah hukum Polsek Saribudolok.Personel melaksanakan tugas sesuai plotting yang telah ditentukan, dengan metode monitoring, sambang, patroli/hunting, dan penindakan pelanggaran lalu lintas oleh unit Lantas.

Hasil dari patroli menunjukkan tidak adanya aktivitas balap liar maupun geng motor di wilayah hukum Polsek Saribudolok. Penindakan langsung berupa tilang terhadap pelanggar Undang-Undang Lalu Lintas No. 22 Tahun 2009, Kegiatan berakhir pada pukul 03.00 WIB dengan aman dan lancar.

Sebagian besar pengendara yang menjadi target operasi adalah remaja setempat yang berkumpul bukan sebagai geng motor, melainkan kelompok remaja biasa. Para remaja tersebut telah diberikan pembinaan oleh Kapolsek agar tidak terlibat dalam aktivitas geng motor maupun balap liar, serta dikembalikan kepada orangtua mereka dalam keadaan sehat.

Kapolsek Saribudolok AKP Nelson Manurung,SH menegaskan komitmennya untuk terus mengantisipasi kejadian balap liar, geng motor, kemacetan lalu lintas, dan memonitor perkembangan situasi Kamtibmas di wilayahnya dengan patroli rutin.

Selain itu, Kapolsek AKP Nelson Manurung SH juga menyampaikan bahwa kegiatan patroli skala besar ini adalah salah satu bentuk upaya preventif dari Polsek Saribudolok untuk menjaga kondusivitas wilayah. “Kami selalu siap untuk mengantisipasi setiap potensi gangguan keamanan, baik itu dari balap liar, geng motor, maupun kemacetan lalu lintas. Tujuan kami adalah memastikan masyarakat dapat menjalani aktivitasnya dengan aman dan nyaman,” ujarnya.

Kegiatan patroli yang dilakukan ini melibatkan beberapa personil dari unit Reskrim, unit Intelkam dan sabhara. Dengan kekompakan dan koordinasi yang baik, patroli berjalan dengan lancar tanpa kendala berarti.

Selain penindakan terhadap pelanggar lalu lintas, patroli ini juga memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya tertib lalu lintas dan bahaya yang ditimbulkan oleh balap liar dan geng motor. Personel yang bertugas juga mendatangi sejumlah titik yang sering menjadi tempat berkumpulnya anak-anak muda untuk memberikan pengarahan langsung.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan efek jera kepada para pelanggar dan menurunkan angka kejadian balap liar serta aktivitas geng motor di wilayah hukum Polsek Saribudolok juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk turut serta dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing.

Ke depan, Polsek Saribudolok akan terus mengintensifkan patroli serupa, terutama di malam-malam libur, untuk memastikan wilayah tetap aman dari gangguan Kamtibmas. Masyarakat juga diimbau untuk segera melaporkan ke pihak berwajib jika menemukan aktivitas yang mencurigakan atau berpotensi menimbulkan gangguan keamanan.

Dengan langkah-langkah preventif yang terus digalakkan oleh polsek Saribudolok Polres Simalungun, diharapkan wilayah ini bisa terbebas dari aktivitas-aktivitas yang meresahkan masyarakat, sehingga tercipta lingkungan yang aman, tertib, dan kondusif untuk semua warga.

(Dedi Sinaga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *