Nasional

Pengurus FSP Kerah Bisru-SPSI Riau Hadiri Membuka Bazar UMKM “K-SPSI Goes To Mall Pekanbaru XChange yang Diselenggarakan DPD K-SPSI Riau

237
×

Pengurus FSP Kerah Bisru-SPSI Riau Hadiri Membuka Bazar UMKM “K-SPSI Goes To Mall Pekanbaru XChange yang Diselenggarakan DPD K-SPSI Riau

Sebarkan artikel ini

PEKANBARU tekab86.com, — Ketua DPD K-SPSI Riau, Nursal Tanjung Resmi buka Bazar UMKM SPSI Goes To Mall Pekanbaru XChange. Pada hari Kamis, (13/06/2024).

Acara tersebut dihadiri oleh Kapolda Riau yang diwakili oleh AKBP Vera Taurensa, SH., MH, Kanwil Kemenkumham Riau Diwakili oleh Edison Manik, Kadis Disperindag Romi Pasrah, S.STP., M.Si, Kadis Nakertrans H. Boby Rachmat, S.STP., M.Si, General Meneger Bugner, Ruben Marbun dan DPC K SPSI Kota Pekanbaru serta seluruh Federasi K-SPSI dan Bidang-Bidang yang ada di Provinsi Riau.

Romi Pasrah, dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf dari PJ Gubernur Riau yang tidak dapat menghadiri acara ini dikarenakan menjalankan tugas di Istana Negara.

“Selamat Kepada K-SPSI, setelah saya cerita dengan Bapak Ketua Nursal Tanjung yang mana beliau sangat peduli dengan UMKM, saya angkat Jempol, apa lagi sekarang UMKM untuk Tingkat Kota Pekanbaru, kegiatan ini dilakukan hampir setiap bulannya. Kami dari Pemerintah Provinsi sangat berterima kasih dan mengapresiasi kegiatan ini,” kata Romi mewakili Pj Gubernur Riau, SF. Hariyanto, MT.

“UMKM bukan hanya modal yang diperlukan, bukan hanya legalitas usaha saja, itu bukan tidak penting, tapi sekarang kita kesampingkan itu semua karena itulah kriteria suatu produk usaha harus memenuhi standar, supaya produk-produk tadi bisa berdaya saing. Kemudian dibutuhkan wadah tempat di mana Bapak Ibu bisa mempromosikan produk-produk Bapak Ibu tadi punya produk bingung jual dimana, saya mau taruh dimana, jadi ini mungkin satu kesempatan yang sangat baik,” lanjut Romi.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pihak
Mall Pekanbaru XChange, yang mana sudah mendukung kegiatan Bazar UMKM ini, mudah-mudahan dikemudian hari ke depan kegiatan ini dapat lebih sering dilaksanakan lagi,” tutup Romi.

Kadisnakertrans Riau, Boby Rachmat dalam sambutannya menyampaikan, “Kami dari Pemerintah Provinsi Riau, khusus dari Disnakertrans memberikan apresiasi kepada Pak Nursal Tanjung dan seluruh pengurus beserta Serikat Pekerja lainnya dalam rangka membuat inovasi-inovasi yang tentunya bisa mensejahterakan anggotanya, salah satunya menyelenggarakan Bazar ini,” kata Boby.

“Sekarang kita berpikir menggerakkan kembali roda ekonomi kita pasca Covid-19 di tahun 2020, 2021 bahkan 2022 pun masih terasa, hari ini kita melihat banyak pelaku-pelaku ekonomi yang sulit bangkit karena dahsyatnya goncangan Covid-19, gerakan yang dilakukan K-SPSI Riau dengan menggerakkan Serikat Pekerja bahkan juga bisa menggandeng lagi dengan serikat-serikat pekerja lainnya. Saya kira ya Pak GM Mall Pekanbaru XChange perlu juga dipikirkan apakah disediakan insentif bagi para pelaku ekonomi, terutama untuk menggerakkan UMKM yang ada di Riau, terutama di Kota Pekanbaru,” ucapnya.

“Sekali lagi, kami mengucapkan apresiasi kepada K-SPSI Riau dan tentunya kami berharap dukungan Bapak Ibu tamu Undangan ya, untuk dapat memberikan dukungan kepada K-SPSI Riau,” harapnya.

“Kalau bicara serikat pekerja buruh ini, kalau tidak pengaduan itu rencana kadang-kadang mau demonstrasi, tetapi sudah berubah apalagi saya lihat Pak Nursal Tanjung komunikasinya dengan pimpinan daerah juga bagus. Hari ini beliau juga bisa duduk bersama dengan Kapolda Pak Iqbal, Pak PJ Gubernur, PJ Walikota dan mungkin dengan unsur pimpinan daerah lainnya termasuk juga dari Kemenkumham, ini terkait mungkin masalah perizinan yang lainnya jadi inilah yang kita harapkan komunikasi yang baik, tanpa ada komunikasi yang baik tidak mungkin hari ini K-SPSI Riau bisa Goes to Mall,” tutup Boby.

Ketua K-SPSI Riau, Nursal Tanjung dalam sambutan Pembukaan Peresmian UMKM K-SPSI Goes To Mall Pekanbaru XChange.

“K-SPSI mendukung segala bentuk kegiatan program Nasional yang berkaitan dengan kegiatan UMKM. kegiatan dari pada pelaku UMKM ini secara rutin kami adakan setiap minggunya, malah untuk kegiatan Bazar pasar murah yang dilakukan pelaku UMKM sampai hari ini kita lakukan secara mandiri,” kata Nursal.

“Kita coba untuk berkomunikasi dengan Dinas Ketahanan Pangan, tapi keterbatasan dari pada Sembako yang ada, karena kita turun di setiap Bazar UMKM pasar murah, kita turun dengan 10 sampai 15 ton. K-SPSI ini anggotanya banyak dan ada di tengah masyarakat, tidak mungkin kita memberikan itu hanya 200 kilo,” lanjutnya.

“Akhirnya kita berusaha secara mandiri dengan risiko yang angkanya cukup besar, karena kalau kita bicara tentang pasar murah pasti harganya yang penting murah, membeli Sembako untuk bisa murah, misalnya beli sedikit beli Sembako itu misalnya satu ton, itu harganya tinggi, jadi tunggu 10- 15 ton, itu ratusan juta, tapi Alhamdulillah teman-teman pengurus di K-SPSI Riau kebanyakan punya usaha, mereka siap,” tambahnya.

“Saya sangat senang sekali hadir hari ini di Provinsi Riau, dan harga yang kita lemparkan ke masyarakat malah izin paling tinggi, kita beda dengan programnya Pemerintah, bedanya cuma 1000 perak, itu sudah di Subsidi Negara dan kami bisa mandiri,” terangnya.

“Kami berharap dukungan dari Disperindag supaya kegiatan ini bisa berjalan dengan seperti yang diharapkan, mohon dukungannya Pak supaya membuka peluang, agar kami bisa membeli ke pabrik,
malah ada suatu waktu harga beras yang kami jual itu di bawah dari pada kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Ketapang,” ungkapnya.

“UMKM K-SPSI ikut menunjang kegiatan program Pemerintah dapat berjalan dengan baik dan punya nilai manfaat, seperti disampaikan oleh Pak Bobby bawa, kegiatan kita ini dalam rangka menciptakan kesejahteraan dan juga menggerakkan perekonomian Nasional,” bebernya.

“Mohon dukungan juga Pak Disperindag, Polda, Kemenkumham. Kami juga akan menggiring artiannya kami minta supaya kegiatan UMKM ini butuh pasar, bukan hanya sekedar merek, izin tapi yang utama pasar, dan hari ini dibuktikan bahwa kita dapat menggunakan Mall ini untuk pasar,” harapnya lagi.

“Kita akan menggiring juga supaya ada Perda yang mengatakan setiap Swalayan atau pusat perbelanjaan atau Supermarket dimohon untuk memberikan space ya bagi para pelaku UMKM untuk berjualan, jadi tak banyak, mungkin 5% atau 7% kasih lah fasilitas di situ, biasanya ada binaan dan bimbingan,” ujarnya.

“Kita tidak pernah mengadakan kegiatan-kegiatan demo, padahal kekuatan buruh pekerja di Riau ini dipegang oleh K-SPSI, seperti kata Pak Kadis tadi, saya lebih suka dialog bicara bersama, jadi budaya ini sudah saya lakukan sejak saya Ketua K-SPSI, sudah ada 15 tahun saya lakukan itu, jadi kalau ada hal-hal tidak mesti demo, kita duduk satu meja. Alhamdulillah semua ini berjalan dengan baik,” imbuhnya.

“Kita mengarah untuk memperlihatkan eksistensi kita di tengah-tengah masyarakat dan pemerintah, jadi itu tadi saya harap juga tidak akan terjadi demo untuk memperjuangkan agar terjadi istilahnya suatu Perda yang mengatakan di setiap kegiatan Supermarket ataupun lain itu disiapkan, misalnya fasilitas dengan kemudahan kepada UMKM dan Alhamdulillah mulai dari sini tadi dan ekonomi kita sudah bekerja sama dengan Supermarket bawah, jadi beliau memberikan fasilitas kepada UMKM untuk menjual produknya, ini momentum, kita harapkan ini berkembang ke depannya, jadi itu permohonan kami Pak Romi, agar ada satu peraturan yang memberikan peluang sedemikian rupa kepada masyarakat, terutama pelaku UMKM,” ujarnya.

“Dengan ucapan Bismillahirrahmanirrahim, kegiatan UMKM K-SPSI Goes To Mall Pekanbaru XChange, saya buka dan semoga kegiatan ini bermanfaat bagi pelaku UMKM, keluarga pekerja dan masyarakat umum,” tutup Nursal Tanjung.

Sementara itu, dalam waktu bersamaan, General Manager Mall Pekanbaru XChange, Bugner Ruben Marbun dalam sambutannya mengatakan, “Sebagai pengelola Pekanbaru Mall, kami berterima kasih tentunya atas kerjasama ini, kami berharap kerjasama kami dengan UMKM K-SPSI semoga memberikan manfaat positif selain untuk mempromosikan produk UMKM agar produk-produk UMKM bisa naik kelas,” kata Bugner Ruben.

” Ini menjadi harapan kita ke depan dan juga lebih modern dengan adanya tadi saran-saran mengenai pendaftaran merek dan yang lainnya, kemudian semakin dikenal para konsumen tentunya dengan hadirnya UMKM di dalam Mall atau Pasar Modern. Tentunya kami juga berharap ke depan para UMKM yang hadir dan ikut dalam belajar UMKM ini mereka semakin lebih mulai mengenal bagaimana berusaha khususnya di Mall dan ke depan berharap tentu akan semakin berani lagi untuk mengembangkan usahanya, bukan hanya UMKM dikenal hanya ada di pinggir jalan tetapi sudah lebih naik kelas modern dan juga ada di mall-mall seluruh Pekanbaru Riau dan bahkan seluruh Indonesia, itu harapan kita bersama,” harap Ruben.

“Ke depan, tentunya harapan kami kerja sama ini akan berlanjut terus dan kami sangat terbuka untuk bekerjasama dengan para pelaku dan penggiat UMKM di Provinsi Riau dan Kota Pekanbaru secara khususnya. Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk semua pihak yang sudah bekerjasama dengan kami terutama K-SPSI Riau,” pungkas Ruben.

Kegiatan ini turut disupport oleh Federasi Serikat Pekerja Kerah Biru- SPSI (PD. FSP Kerah Biru) provinsi riau. Menurut Ramli Zebua selaku ketua PD FSP Kerah Biru, UMKM K yang diselenggarakan oleh bapak Nursal Tanjung selaku ketua DPD K-SPSI Riau, sangat luar biasa dan sangat bermanfaat, kita sebagai Ferderasi Kerah Biru-SPSI merupakan anak Konfederasi SPSI wajib memberi dukungan penuh serta turut berpatrtisipasi didalmnya.

“UMKM yang diselenggarakan KSPSI ini sangat bermanfaat. Acara ini sebagaimana kita saksikan bersama bahwa pada hari ini secara resmi dibuka oleh pak ketua Nursal Tanjung dan kita berharap kedepannya semoga dapat berjalan lancar,” harap Ramli Zebua ketua PD FSP Kerah Biru-SPSI Riau.

Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *