BeritaKabupaten Simalungun

Sosialisasi Bela Negara Kepada Masyarakat Oleh Forkopincam,Kesbangpol dan Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun

425
×

Sosialisasi Bela Negara Kepada Masyarakat Oleh Forkopincam,Kesbangpol dan Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun

Sebarkan artikel ini

Gunung Malela,Simalungun tekab86.com – Kita harus bangga dengan bangsa kita, Wawasan Kebangsaan bahwa para pahlawan kita yang telah menyatukan pulau pulau menjadi negara kesatuan republik Indonesia. Dalam hal pemerintahan kecamatan Gunung Malela kabupaten Simalungun berkolaborasi dengan Kodim 0207/Simalungun,dan kesbagpolinmas kabupaten Simalungun mengelar kegiatan Sosialisasi Bela Negara guna Peningkatan Kapasitas Masyarakat Nagori Wilayah Kabupaten Simalungun.

Kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Aula Graha JS,nagori Bangun kecamatan Gunung Malela kabupaten Simalungun Jumat (21/06/2024).
Dalam pelaskanaan kegiatan Sosialisasi Bela Negara guna Peningkatan Kapasitas Masyarakat Nagori Wilayah Kabupaten Simalungun khususnya di kecamatan Gunung Malela tersebut turut serta dihadiri oleh, Camat Gunung Malela Roi Gojali Sidabalok S.Ap,Kasi PMN Suadak solihin SH, Kesbangpol Kabupaten Simalungun Ibu Lindawaty Purba SH.,M.Si Para Pangulu dan perangkat nagori Se-Kecamatan Gunung Malela Narasumber Wasbang dari Kodim 0207/Simalungun bapak Sertu Dino dan 4 orang babinsa,Para Ketua Maujana Se-Kecamatan Gunung Malela, Ibu-ibu Kader Se-Kecamatan Gunung Malela, serta tamu dan undangan lainnya.

Camat Gunung Malela Roi Gojali Sidabalok S.Ap yang menjadi narasumber dalam paparannya menyatakan dalam rangka mensukseskan pelaksanaan rencana aksi nasional P4GN, BNN RI melalui Direktur Pemberdayaan Alternatif Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat menggelar acara Bimbingan Teknis Bagi Pendamping Masyarakat, Bahwa peran dari pendamping sangat penting pada program ini. “Peran pertama yaitu, mendampingi masyarakat binaan dalam tahap perencanaan, monitoring dan evaluasi setiap kegiatan. Peran kedua dengan memberikan dukungan data dan informasi yang diperlukan selama program dan kegiatan berjalan, kemudian peran terakhir supaya memonitor keterlanjutan program dan kegiatan serta memberikan informasi kendala yang dihadapi selama menjadi pendamping,” tandasnya.

Sementara itu ibu Lindawaty Purba,SH.,M.Si memaparkan dengan turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan Sosialisasi Bela Negara dalam rangka membina & meningkatkan Wasbang akan cinta NKRI bagi komponen masyarakat.Melaksanakan 4 Pilar wawasan kebangsaan(wasbag) pada pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Bela Negara dalam rangka membina & meningkatkan Wasbang akan cinta NKRI bagi komponen masyarakat.Jelasnya

Narasumber Sertu Dino memaparkan bahwa Kementerian Pertahanan melalui Direktorat Bela Negara Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan (Ditjen Pothan Kemhan RI) menyelenggarakan Sosialisasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara Pada Lingkup Masyarakat, Sosialisasi diisi dengan penyampaian materi Nilai Dasar Bela Negara dan Rencana Induk Pembinaan Kesadaran Bela Negara 2020-2044 guna mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul untuk Indonesia Emas 2045, Dalam sambutannya Direktur Bela Negara menyampaikan bahwa Bela Negara tidak hanya menjadi tanggung jawab Kementerian Pertahanan dan TNI saja, akan tetapi seluruh komponen bangsa. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 27 Ayat (3) yang mengamanatkan bahwa setiap warga negara berhak dan wajib dalam upaya pembelaan negara.Tutupnya.

Dedi Sinaga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *