Kabupaten Simalungun

Polres Simalungun Gelar Upacara Peringatan Harlah Pancasila 2024, “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”

22
×

Polres Simalungun Gelar Upacara Peringatan Harlah Pancasila 2024, “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”

Sebarkan artikel ini

Simalungun.Tekab86.com – Polres Simalungun menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 yang dipimpin oleh Wakapolres Simalungun, KOMPOL Hendrik Situmorang, MM., pada Sabtu, 1 Juni 2024. Upacara dimulai pukul 08.00 WIB dan berlangsung hingga selesai, bertempat di Lapangan Apel Mako Polres Simalungun, Jalan Jhon Horailam Saragih, Pematang Raya, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun.

Upacara dimulai dengan persiapan peserta dan dilanjutkan dengan masuknya Komandan Upacara ke lapangan. Inspektur Upacara, Wakapolres Simalungun, KOMPOL Hendrik Situmorang, membacakan amanat pidato dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI, yang menekankan pentingnya Pancasila sebagai jiwa pemersatu bangsa menuju Indonesia Emas 2045.

Dalam pidatonya, KOMPOL Hendrik Situmorang menyampaikan, “Pada hari ini, 1 Juni 2024, kita memperingati Hari Lahir Pancasila. Pancasila adalah fondasi utama dalam menjaga keutuhan NKRI. Dengan semangat Pancasila, kita mampu menghadapi berbagai tantangan global dan menjaga stabilitas negara.”

Beliau menambahkan bahwa Pancasila sebagai ideologi bangsa harus senantiasa diaktualisasikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. “Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan bangsa sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila,” ujarnya.

Upacara ini juga dihadiri oleh para pejabat utama Polres Simalungun, termasuk Para Kabag, PJU, Kapolsek Sejajaran Polres Simalungun, Kasie, Perwira, Brigadir, dan ASN Polres Simalungun.

Seluruh rangkaian upacara berlangsung khidmat, dimulai dari pengibaran bendera merah putih oleh pegawai Puskesmas Serbalawan, hingga pembacaan Pancasila, UUD 1945, pidato Presiden, dan doa penutup. Kegiatan ini menegaskan komitmen Polres Simalungun dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan memperkuat persatuan bangsa.

Peringatan Hari Lahir Pancasila di Polres Simalungun berjalan dengan aman dan tertib. Kegiatan serupa juga dilaksanakan di seluruh kantor instansi dan sekolah di wilayah Kabupaten Simalungun, menunjukkan semangat kebersamaan dan gotong royong yang kuat dalam masyarakat.

Melalui upacara ini, diharapkan seluruh komponen masyarakat semakin menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, serta berkontribusi aktif dalam mewujudkan cita-cita bangsa menuju Indonesia Emas 2045.

( Dedi Sinaga )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *